Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(
R P P )
Satuan
Pendidikan : MTs bcbcbcbcbcbbxxb
Kelas / Semester : VII
/ 2
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Standar
Kompetensi : 12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi
Dasar : 12.1. Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive dan procedure.
Sub
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam
esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator : 1. Menggunakan berbagai
informasi dalam teks deskriptif.
2. Mengungkapkan ciri kebahasaan dalam teks deskriptif.
3. Mengungkapkan stuktur teks deskriptif dengan benar.
Jenis teks : Deskriptif.
Aspek / skill : Writing.
Alokasi waktu : 2
x 40 menit.
1.
Tujuan
Pembelajaran
Bila diberi sebuah gambar pada
akhir pembelajaran, siswa secara akurat, lancar dan berterima dapat:
1.
Menentukan identifikasi sebuah gambar
yang akan dideskripsikan dalam teks deskriptif.
2.
Menentukan deskripsi fisik dari gambar
yang akan dideskripsikan dalam teks
deskriptif.
3.
Menyampaikan gagasannya terkait dengan
teks descriptive.
4.
Menyampaikan pendapat secara tepat dan
cepat dalam mendeskripsikan sesuatu sesuai dengan materi yang diajarkan.
5.
Mampu menulis teks monolog pendek berbentuk
descriptive berdasarkan mind mapping
yang telah dibuat.
2.
Materi
Pembelajaran
1.
Teks deskriptif adalah teks yang
mendeskripsikan atau menggambarkan tentang orang, tempat atau obyek.
2.
Teks deskriptif mendeskripsikan
bagaimana merasakan, membau, melihat, merasakan dan menyuarakan sesuatu.
3.
Teks deskriptif dapat berupa sesuatu
yang nyata.
4.
Generic structure :
a.
Identifikasi : Mengidentifikasi obyek, orang, atau tempat yang dideskripsikan.
b.
Deskripsi : Mendeskripsikan bagian-bagian, jumlah atau karakter dari
obyek, orang, atau tempat yang dideskripsikan.
5.
Language features:
a.
Descriptive adjective
b.
Noun phrase
c.
Pronoun
d.
Tense ( Simple Present Tense )
6.
Contoh model pembelajaran teks
deskriptif dengan Mind Mapping
3.
Model
Pembelajaran/ Teknik :
Mind Mapping
4.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Opening activity
b.
Raising prayers
c.
Checking attendance
d.
Starting the day’s topic and explaining
e.
Motivating
2.
Main activity
a.
Exploracy ( Pre-writing )
1.
Guru menjelaskan tentang teks
descriptive.
2.
Guru menunjukkan language features dari
teks deskriptif.
3.
Guru menunjukkan dan menjelaskan generic
structure dari teks deskriptif.
4.
Guru menunjukkan model pembelajaran teks
deskriptif dengan Mind Mapping
b.
Elaboracy ( Whilst-writing )
1.
Guru membagi siswa menjadi 4 / 5
kelompok dengan berhitung secara bergiliran terlebih dahulu, nomer yang sama
bergabung menjadi satu kelompok dan masing-masing kelompok dibagikan worksheet.
2.
Guru membagikan worksheet yang berisi
gambar dengan identifikasi yang belum lengkap.
3.
Guru meminta masing-masing kelompok
untuk mengisi bagian- bagian yang masih rumpang.
4.
Setelah selesai, masing- masing kelompok
menulis sebuah teks descriptive pendek tentang gambar yang telah di buat mind
mapping.
c.
Confirmacy ( Post-writing )
1.
Guru mendiskusikan jawaban dari
masing-masing kelompok setelah mereka selesai mengerjakan sesuai dengan batasan
waktu yang diberikan.
3.
Closing activity
a.
Summarizing
b.
Reflecting
5.
Media Pembelajaran
1. Gambar
6.
Sumber
Belajar
a. Buku teks yang relevan.
b.
Gambar-gambar yang relevan
7.
Penilaian / Assessment
o Teknik : Tes
tertulis
o Bentuk : uraian
o Instrument:
Complete
this Mind Map and make a short paragraph in descriptive text about Giraffe according to this Mind Map!
o
Pedoman Penilaian:
Task 1 : Setiap jawaban benar memperoleh skor 20
Jumlah
skor maksimal 100
Task 2 :
Nilai maksimal masing-masing
elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =
Nilai akir = Nilai Perolehan Task 1 +
(2 X Nilai Perolehan Task 2) / 3
|
o
Rubrik Penilaian task
2
Element
|
Score
|
Grammar
|
25
|
Spelling
|
25
|
Diction
|
25
|
Paragraph Development
|
25
|
Standard of
each element:
Excellent
|
21-25
|
Very good
|
16-20
|
Good
|
11-15
|
Average
|
6-10
|
Poor
|
≤5
|
The Answer Key:
Task 1 : Contoh
jawaban
Task 2 : Contoh
jawaban
Giraffes are easy to identify with their long necks, skinny legs and distinctive
spotted markings. They are the tallest
mammals on earth. The approximate weight of giraffes is approximately 2,000 -
3,000 lbs for males; females weigh less than males. The approximate height is
about 16 - 18 feet for males and about 14 - 16 feet for females.
Giraffes live in small groups in parts of Africa where food
is adequate, south of the Saharan Desert. The habitat of giraffes is the open
plains of the African savanna. Giraffes also live in the grassland or woodland
where trees are present. Giraffes prefer
leaves from acacia trees.
Acacia trees have thorns that keep most animals away; however, giraffes' long
tongues can maneuver around the thorns to reach the leaves. They will also eat
leaves of other trees, bark,
and grass if necessary.
Female giraffes become sexually mature around 3 or 4 years
old. The gestation or pregnancy period for a female giraffe is about 14 - 15
months. A female giraffe will give
birth to a calf that stands about 6 feet tall and weighs approximately
150 lbs.
Guru Mata Pelajaran
bxbxbxbx
NIP. 4242424
|
bxbxbx, ................................2013
Peneliti
xbxbxbxbx
|
Mengetahui
Kepala
vvzvvzsfsfsgsg
NIP.24242424252
|
Name
|
:
|
|
Class
|
:
|
|
Date
|
:
|
|
WORK SHEET
Complete this Mind Map and
make a short paragraph in descriptive text about Giraffe according to this Mind Map!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment