Saturday, April 27, 2013

Cerpen

PERGI KERUMAH SAKIT

Pada hari minggu aku pergi kerumah sakit bersama ibu,ayah dan adik ku.Aku sangat senang bisa menjenguk kakaku yang sakit karena kecelakaan dijalan raya pada hari sabtu.
Aku pada hari sabtu itu tidak bisa menjenguk dia langsung kerumah sakit,karena kakaku kecelakaan aku sedang disekolah terus aku pulang kerumah,kenapa dirumah tidak ada orangnya.Terus aku panik sekali kenapa ayah,ibu dan adikku tidak ada dirumah dan aku kerumah nenek ku.Aku bertanya kenapa ayah,ibu dan adikku tidak ada dirumah.Ayah,ibu dan adik mu sedang pergi kerumah sakit,untuk menjenguk kakakmu yang sedang sakit.Terus bagaimana keadaannya kakak saya nek,kakakmu baik-baik saja keadannya.Kamu tidak usah memikirkan kakakmu.Kakakmu sakit tidak terlalu parah juga,sebaiknya kamu memikrkan pelajaran disekolah,iya nek.Toh lihat didepan ayah,ibu dan adikmu sudah datang,iya nek.Aku pulang dulu ya nek.ya,hati-hati ya menyeberangnya,iya nek.
Tadi ayah kemana bersama ibu dan adik,Ayah tadi kerumah sakit,menjenguk kakakmu.Oh begitu,terus bagaimana keadaan kakak,kakakmu baik-baik saja,oh begitu.Ayah besok pagi,hari minggu pergi kerumah sakit lagi.oh ya,ibu dan adikmu besok ikut juga,kamu besok mau ikut kerumah sakit juga,ya tentu  saja aku mau ikut kerumah sakituntuk menjenguk kakak,kamu besok harus bangun pagi-pagi yah,nanti besok kita datangnya terlambat,iya yah.Ayu kita makan dulu,iya yah.Bu besok aku ikut juga loh kerumah sakit,oh iya ibu ikut senang melihat kamu senang.Ayu cepat dimakan makanannya nanti dingin,iya bu.Kalian sudah selesai kan makannya,biar ibu yang beres-beres.Kalian tidur saja dikamar,iya bu,ayah tidur juga yah bu.Iya selamat tidur,selamat tidur juga.Keesoksn harinya aku pergi kerumah sakit.Ayu cepat kita masuk mobil,iya yah,asyik sudah sampai nih.Hai ka,kakak sehat-sehat aja ka,kakak sehat-sehat aja kok,kakak hari apa pulang kerumah,kakak ga tau kalau soal itu,kalau kamu mau tau tanya aja sama aya.Iya ka,yah kakak pulangnya kerumah hari apa,hari ini juga kata dokter .Kakakmu sudah mulai membaik keadaannya,ah begitu,ayu cepat kita beres-beres,iya yah bu kita pulang hari ini juga,oh begitu.ayu bu kita beres-beres nanti kesorean pulangnya,iya,sudah selesaikan beres-beresnya tidak ada yang ketinggalanka,tidak ada ko yah.Ayu cepat bawa ke mobil barang-barangnya,iya yah.Terus aku masuk kemobil bersama ayah,ibu,kakak dan adikku,aku pulang kerumah sangat senang sekali,ye aku aku bisa pulang hari ini juga bersama kakak,ibu,ayah dan adikku.Aku sudah sampai dirumah nih.

ANAK YANG MALAS
Pada suatu hari.Beberapa anak ingin mencari madu tetapi salah satu dari mereka ada yang ketinggalan lalu mereka menunggu sebentar,dibwah pohon yang penuh dedaunan lebat.Namun Luki yang pemalas itu malah ketiduran,bahkan tidurnya pun sangat nyenyak.
            Tidak lama kemudian,temannya pun datang.Mereka tidak tega membangunkan Luki,merekapun meninggalkan Luki yang pemalas itu.
            Tidak jauh kemudian mereka berjalan,merekapun mendapatkan madunya dan merekapun langsung meminumnya.Karena madunya sangat lezat mereka pun tidak tahan untuk meminum madunya,jadi mereka lamgsung saja meminumnya.Luki yang ketiduran itu lalu terbangun ternyata teman-temanya sudah berangkat untuk mencari madu Luki pun mencari mereka dan Luki melihat mereka yang sedang asyik meminum madu,Luki pun menghampiri mereka.Luki ingin minta madu dari mereka,karena Luki sedang kelaparan.Tapi mereka tidak ingin memberikan madu kepada Luki,karena Luki sangat malas.Tetapi karena mereka berbaik hati,mereka memberikan madunya kepada Luki,tetapi mereka ingin memberikan satu syarat kepada Luki.Luki janganlah kamu bermalas-malas lagi untuk hidup.
            Luki pun menjawab baiklah teman-teman aku tidak akan lagi bermalas-malas untuk hidup.Luki langsung meminum madunya dengan lahap.Luki pun sekarang disukai orang-orang,karena suka membantu orang.Luki sangat senang sekali.

JALAN-JALAN KE CANDI AGUNG

Pada suatu hari aku dan keluarga ku ingin pergi ke candi agung.Pas hari libur aku dan keluarga ku jadi juga pergi ke candi agung.
            Di perjalanan aku merasa senang sekali karena aku pergi ke candi agung.Rasa senang itu berubah seketika wajahku pucat di tengah-tengah perjalanan perutku merasa mual dan akhirnya aku muntah,tapi aku berusaha tidak muntah lagi dupaya aku idak muntah lagi aku pun tertidur di mobil.
            Beberapa aku bangun belum juga sampai ke candi agung.Akhirnya aku bertanya kepada ibu ku.Apakah kita lama lagi perjalan kita kata ibu ku sebentar lagi kita akan sampai.Perkataan ibu ku itu akhirnya menjadi kenyataan sampai juga aku ke candi agung disana aku melihat candi agung itu disitu ada sebuah kolam dan airnya sangat  jernih aku berminat ingin mandi disitu setelah selesai mandi aku pun memasuki candi agung didalam itu ada kuburan.Setelah selesai jiarah aku pun dan keluarga ku ingin pulang kerumah.
Dipejalanan aku mampir lagi kekuburan Datu Sanggul kuburannya pun sangat panjang  aku ingin baca surah yasin setelah baca surah yasin aku pun mengelilingi kuburan Datu Sanggul setelah selesai aku pulang dengan keluarga ku di perjalanan aku tertidur setelah merasa cukup lama sampai juga aku kerumah betapa senangnya hatiku sampai dirumah dengan selamat dan sudah jiarah ke candi agung dan jiarah kekuburan Datu Sanggul.

PENGALAMAN SAAT DI RUMAH SAKIT

Pada suatu hari aku sakit.saat itu aku sakit sudah satu bulan dan aku disarankan untuk berobat ke puskesmas melati.Aku pun berangkat ke puskesmas itu pada hari sabtu 20 oktober 2012.Aku berangkat bersama saudara ibu.Sesampainya dipuskesmas ,aku di check up untuk mengetahui penyakit yang ada ditubuh ku.Lama aku menunggu sekitar dua jam dengan saudara ibu,akhirnya keluarlah hasilnya ternyata aku menderita penyakit malaria VILFX ditambah anemia Gruv2.Lalu aku menebus obat berwarna biru,disarankan untuk minum obat itu dua tablet satu kali minum .Kata dokter kalau habis minum obat itu mual-mual terus dibawa kerumah sakit untuk mendapat donor darah karena kurang darah.Aku pun pulang bersama saudara ibu,sesampainya dirumah aku terus makan sesudah makan aku minum obat.Pada hari itu ibu ketakutan dan sempat melarang untuk minum obat itu,tapi aku yakin untuk sembuh.Hari kedua sesudah sarapan aku terus minum obat.Pada hari pertama dan kedua sama sekali tidak ada reaksi ataupun mual.Pada hari kedua menjaga aku degan penuh kasih sayang.Pada hari ketiga itu pada tanggal 22 oktober 2012hari senin kata anak dari saudara ayahpun memberitahukan kepadku bahwa disekolah sudah mengadakan ulangan harian akupun ingin sekolah tetapi kata itu aku masih dalam rangka minum obat.Akupun sarapan dan minum obat,aku disarankan oleh ibu untuk minum susu dan makan telor supaya darahku maksimal seperti semula supaya bersekolah kembali.
Hari selasa aku belum dapat sekolah dan sore itu aku dibawa ketempat bu Intin di ulis dan aku dinyatakan sembuh,ibu intin menyarankan untuk banyak istirahat,jangan makan buah-buahan yang mengandung zat asam dan minum es.Akupun pulang aku sangat gembira dapat bersekolah kembali.Pada hari selasa itu aku berangkat bersama saudara ibu karena ibu ku lagi merawat adikku yang kecil dan pada hari rabu aku bersekolah kembali tapi aku tetap tidak ikut teman ku bermain karena aku harus banyak istirahat akupun cuma bisa melihat mereka bermain tapi aku tetap bersyukur karena aku dapat bersekolah kembali walawpun tidak bisa bermain asalkan aku dapat belajar disekolahku yang ku cintai.Sampai sekarang masih kuingat pesan dari bu Intin ataupun dari kedua orangtua ku agar beristirahat dan jangan terlalu bermain.Terimakasih untuk guru ku yang pernah mengantarku pulang disaat aku sakit disekolah dan terimakasih juga untuk semua yang merawatku disaat aku sakit terutama untuk saudara ibu yang telah mengantarku kepuskesmas jadi akhirnya sembuh.Akanku jadikan kenangan yang tak pernah terlupakan selamanya.

KENANGAN PADA SAAT LIBURAN

Pada hari selasa tepatnya pada tanggal 1 januari 2013,aku dan keluargaku pergi kepantai.Kami sekeluarga pergi menggunakan sepeda motor.Aku dan adikku sangat senang karena dalam perjalanan pemandangannya sangat indah,ada pegunungan,persawahan dan pepohonan.Walaupun perjalanan kepantai itu sangat jauh dan pada saat itu turun hujan tapi itu tidak menyurutkan semangat kami.Hujan terus lebat dan perjalanan semakin jauh,karena perjalanan sudah jauh dan hujan semakin lebat kami pun berteduh,setelah hujan sudah mulai reda kami pun melanjutkan perjalanan lama-kelamaan perutku terasa lapar lalu aku dan keluargaku berhenti disebuah warung,warung itu cukup sederhana tapi makanannya sangat lezat.Settelah makan kami pun melanjutkan perjalanan kepantai tidak lama kemudian kamipun sampai,ternyata disana banyak sekali orang.Aku dan adikku langsung bermain air kami sangat senang berada di air itu,karena airnya hangat akupun tidak kedinginan lagi akibat kehujanan.Setelah aku dan adikku selesai bermain air aku dan adikku mencari kulit kerang yang ada dipantai ternyata kulit kerang yang ada dipantai itu sangat indah-indah.Akupun terpesona dengan kulit kerang itu dan kami langsung mengambilnya.Tapi sayang kami pun harus segera pulang karena hari sudah mulai gelap.Dalam perjalanan pulang aku merasa kedinginan karena tubuh ku masihbasah karena main air,tapi lama-kelamaantubuhku mulai kering dan aku kedinginan lagi.Dalam perjalanan,aku melihat buah durian kami pun berhenti sebentar untuk membeli durian itu,ternyata durian itu sangat mahal kami pun tidak jadi membelinya.Perjalanan sudah jauh akupun senang karena perjalanan tidak jauh lagi.Disana aku melihat jagung bakar akupun membelinya,setelah membeli jagung kami melanjutkan perjalanan dalam perjalanan aku merasa kasihan melihat orang-orang yang ada disitu karena rumahnya kebanjiran,untunglah airnya tidak terlalu dalam.Kami terus melanjutkan perjalanan hingga sampai disebuah jembatan yang berwarna kuning,jembatan itu bernama jembatan barito,disana banyak sekali orang,aku sedang berada dijembatan itu.Kami terus melanjutkan perjalanan hingga sampai ke rumah.

PERGI KE RUMAH NENEK

Nama ku Yati.Rumahku didesa dan jauh dari kota.Aku sudah lama ingin pergi ke Jakarta.Aku ingin melihat secara langsung kota Jakarta,walaupun sering kulihat Jakarta dilayar kaca,suatu hari bibi menelepon bahwa nenek sakit.
            Hatiku sedih mendengar nenek sakit.Akupun langsung memberi tahu ayah dan ibu..Ayah dan ibu kaget setelah mendengar nenek sakit.Ayah dan ibu pun berniat besok pergi kerumah nenek dijakarta.Malam itu aku tidak dapat tidur,pikiranku kacau memikirkan nenek dijakartadan khawatir akan bepergian jauh.Senang karena keinginan ku kejakarta kesampaian.
            Pagi harinya setelah semuanya beres,akupun berangkat bersama ayah dan ibu.Aku senang memasuki gerbong yang bagus,bersih dan indah pengaturannya.Udaranya dingin karena  kereta itu ber-AC.Akupun mulai kedinginan.Tidak lama kemudian kereta mulai bergerak meninggalkan stasiun.Lama-kelamaan kereta kencang jalannya.Aku dapat melihat dari jendela benda-benda diluar lewat sangat cepat,aku tidak tahu penyebabnya.Lama-lama kepala ku pusing dan badan ku kedinginan,ayah dan ibu menyuruhku tidur.Akan tetapi,mata tak dapat terpejam,kepala ku terasa berat dan perutku mual-mual.Ayah dan ibu dengan sabar memijit-mijit dan mengoleskan di tengkuk ku.
            Kata ayah,aku mabuk perjalanan.Aku masuk angin karen kurang tidur.Begitu keluar dari gerbong rasa mualku menjadi-jadi.Aku muntah-muntah.Tubuh basah oleh keringat dingin.Gara-gara semalam aku tidak dapat tidur malah mabuk.
            Aku malu sekali.Untung aku sudah sampai di Jakarta untuk menengok nenek,mabuk segera hilang.Setelah sampai dirumah nenek.Aku bersama ayah dan ibu pun disambut dengan gembira oleh kakek.Setelah itu aku pun kekamar melihat nenek uang sedang sakit.