Tuesday, May 7, 2013

contoh rpp

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )



Satuan Pendidikan     :      MTs bcbcbcbcbcbbxxb
Kelas / Semester         :      VII / 2
Mata Pelajaran            :      Bahasa Inggris

Standar Kompetensi :      12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar    :      12.1.    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure.

Sub Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.

Indikator                   :      1.   Menggunakan berbagai informasi dalam teks deskriptif.
                                           2.   Mengungkapkan ciri kebahasaan dalam teks deskriptif.
                                           3.   Mengungkapkan stuktur teks deskriptif dengan benar.

Jenis teks                    :      Deskriptif.
Aspek / skill                :      Writing.
Alokasi waktu            :      2 x 40 menit.

1.        Tujuan Pembelajaran
Bila diberi sebuah gambar pada akhir pembelajaran, siswa secara akurat, lancar dan berterima dapat:


1.         Menentukan identifikasi sebuah gambar yang akan dideskripsikan dalam teks deskriptif.
2.         Menentukan deskripsi fisik dari gambar yang  akan dideskripsikan dalam teks deskriptif.
3.         Menyampaikan gagasannya terkait dengan teks descriptive.
4.         Menyampaikan pendapat secara tepat dan cepat dalam mendeskripsikan sesuatu sesuai dengan materi yang diajarkan.
5.         Mampu menulis teks monolog pendek berbentuk descriptive berdasarkan mind mapping yang telah dibuat.

2.        Materi Pembelajaran
1.         Teks deskriptif adalah teks yang mendeskripsikan atau menggambarkan tentang orang, tempat atau obyek.
2.         Teks deskriptif mendeskripsikan bagaimana merasakan, membau, melihat, merasakan dan menyuarakan sesuatu.
3.         Teks deskriptif dapat berupa sesuatu yang nyata.
4.         Generic structure :
a.         Identifikasi   : Mengidentifikasi obyek, orang, atau tempat yang dideskripsikan.
b.        Deskripsi      : Mendeskripsikan bagian-bagian, jumlah atau karakter dari obyek, orang, atau tempat yang dideskripsikan.
5.         Language features:
a.         Descriptive adjective
b.        Noun phrase
c.         Pronoun
d.        Tense ( Simple Present Tense )
6.         Contoh model pembelajaran teks deskriptif dengan Mind Mapping
3.        Model Pembelajaran/ Teknik : Mind Mapping

4.        Langkah-langkah Pembelajaran
1.         Opening activity
b.        Raising prayers
c.         Checking attendance
d.        Starting the day’s topic and explaining
e.         Motivating
2.         Main activity
a.         Exploracy ( Pre-writing )
1.        Guru menjelaskan tentang teks descriptive.
2.        Guru menunjukkan language features dari teks deskriptif.
3.        Guru menunjukkan dan menjelaskan generic structure dari teks deskriptif.
4.        Guru menunjukkan model pembelajaran teks deskriptif dengan Mind Mapping
b.        Elaboracy ( Whilst-writing )
1.        Guru membagi siswa menjadi 4 / 5 kelompok dengan berhitung secara bergiliran terlebih dahulu, nomer yang sama bergabung menjadi satu kelompok dan masing-masing kelompok dibagikan worksheet.
2.        Guru membagikan worksheet yang berisi gambar dengan identifikasi yang belum lengkap.
3.        Guru meminta masing-masing kelompok untuk mengisi bagian- bagian yang masih rumpang.
4.        Setelah selesai, masing- masing kelompok menulis sebuah teks descriptive pendek tentang gambar yang telah di buat mind mapping.
c.         Confirmacy ( Post-writing )
1.        Guru mendiskusikan jawaban dari masing-masing kelompok setelah mereka selesai mengerjakan sesuai dengan batasan waktu yang diberikan.
3.         Closing activity
a.         Summarizing
b.        Reflecting

5.        Media Pembelajaran
1. Gambar

6.        Sumber Belajar
a.       Buku teks yang relevan.
b.      Gambar-gambar yang relevan

7.        Penilaian / Assessment
o   Teknik : Tes tertulis
o   Bentuk : uraian
o   Instrument:
            Complete this Mind Map and make a short paragraph in descriptive text about Giraffe according to this Mind Map!
o   Pedoman Penilaian:
 Task 1                 :      Setiap jawaban benar memperoleh skor 20
                                    Jumlah skor maksimal 100
 Task 2                 :     
Nilai maksimal masing-masing elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =

Nilai akir = Nilai Perolehan Task 1 + (2 X Nilai Perolehan Task 2) / 3

o    Rubrik Penilaian task 2
            Element
Score
Grammar
25
Spelling
25
Diction
25
Paragraph Development
25
Standard of each element:
Excellent
21-25
Very good
16-20
Good
11-15
Average
6-10
Poor
≤5




The Answer Key:
Task 1                  :      Contoh jawaban
 
Task 2                  :      Contoh jawaban

Giraffes are easy to identify with their long necks, skinny legs and distinctive spotted markings. They are the tallest mammals on earth. The approximate weight of giraffes is approximately 2,000 - 3,000 lbs for males; females weigh less than males. The approximate height is about 16 - 18 feet for males and about 14 - 16 feet for females.
Giraffes live in small groups in parts of Africa where food is adequate, south of the Saharan Desert. The habitat of giraffes is the open plains of the African savanna. Giraffes also live in the grassland or woodland where trees are present.  Giraffes prefer leaves from acacia trees. Acacia trees have thorns that keep most animals away; however, giraffes' long tongues can maneuver around the thorns to reach the leaves. They will also eat leaves of other trees, bark, and grass if necessary.
Female giraffes become sexually mature around 3 or 4 years old. The gestation or pregnancy period for a female giraffe is about 14 - 15 months. A female giraffe will give birth to a calf that stands about 6 feet tall and weighs approximately 150 lbs.





Guru Mata Pelajaran



bxbxbxbx
NIP. 4242424
bxbxbx, ................................2013     
Peneliti



xbxbxbxbx

Mengetahui
Kepala




vvzvvzsfsfsgsg
NIP.24242424252














Name
:

Class
:

Date
:

WORK SHEET

Complete this Mind Map and make a short paragraph in descriptive text about Giraffe according to this Mind Map!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………